GAMES

Perbandingan FIFA dan eFootball PES

FIFA-dan-eFootball

Anak rental PS pasti sudah tidak asing dengan game sepak bola fifa dan efootball PES. Dua judul game ini pasti menjadi pilihan utama yang akan dimainkan oleh anda.

Tapi, manakah yang terbaik dari dua jenis game tersebut ? Pasti dari anda semua pernah bertanya-tanya. Kami akan bahas perbedaan antara dua game sepak bola sejuta umat tersebut sebagai wawasan serta hiburan buat anda. Mari simak penjelasannya.

Perbedaan Dari Fifa dan eFootball Pes

Ada juga permainan yang populer yang berbeda dengan kedua game bola tersebut yaitu game slot zeus. Menurut penelitian, ada beberapa perbedaan signifikan yang membedakan dua jenis permainan sepak bola tersebut. Antara lain

  1. Grafis

Grafis merupakan kunci utama para pengembang game dalam menarik hati para fans untuk selalu setia kepada mereka. Dari tahun ke tahun FIFA dan eFootball PES saling berlomba-lomba membuat visual grafis semakin realistis. Wajah pemain semakin terlihat lebih mirip sesuai dengan aslinya. Namun, ada perbedaan menurut pendapat banyak orang eFootball PES masih sedikit lebih baik dari pesaingnya. 

  1. Gameplay

Dari segi gameplay eFootball PES masih lebih baik daripada FIFA. Kontrol lebih mudah dan tidak rumit dibandingkan FIFA. Tetapi jika membicarakan masalah taktik, FIFA lebih unggul dalam segi strategi permainannya. Lebih banyak opsi dan realistis layaknya pelatih profesional di dunia nyata. 

  1. Mode

FIFA menawarkan beragam mode permainan antara lain Ultimate Team

 (FUT) yang mana pemain dapat membangun tim mereka sendiri dengan kartu pemain. FIFA juga memiliki mode online yakni Online Seasons dan FUT Champions untuk bersaing dengan pemain lain secara daring. Sedangkan eFootball PES terdapat fitur Master League. Adalah mode karir pemain pilihan kita sendiri dan dapat mengelola tim sepak bola serta myClub mirip dengan fitur dari FIFA. PES lebih fokus ke pengalaman online dengan mode kompetisi dan turnamen.

  1. Lisensi 

Untuk masalah lisensi game FIFA lebih unggul dalam hak kepemilikan eksklusif, seperti hak lisensi tim, liga dan pemain terkenal di seluruh belahan dunia. Salah satunya adalah liga premier Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan banyak liga lainnya. Berbanding terbalik dengan pesaingnya, yakni PES. Pihak konami masih sedikit memiliki hak lisensi hanya ada beberapa lisensi yang dimiliki di La Liga Spanyol antara lain Real Madrid dan Barcelona. Serta lisensi liga Champions Eropa. 

  1. Animasi

Sedikit kami tambahkan dari segi grafis perbedaan lain terletak pada animasi Cut Scene hingga selebrasi cetak goal. FIFA lebih unggul dengan berbagai macam variasi cerita dan sudut pandangnya. Bahkan opsi untuk merayakan goal pun FIFA masih lebih unggul daripada eFootball PES dengan berbagai macam pilihan selebrasi. 

  1. Soundtrack

Untuk masalah soundtrack perbedaannya tidak terlalu signifikan. Bisa dibilang 11-12 antara FIFA dan eFootball PES. Masing-masing memiliki pilihan soundtrack yang beragam yang bisa anda pilih sebagai hiburan sampingan anda ketika memilih tim pada saat akan bertanding di menu utama. 

Well, dari sekian banyak perbedaan yang kami sampaikan antara FIFA dan eFootball PES. Pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masih-masing dari game tersebut. Namun, tidak mengurangi antusias kita para pecinta game sepak bola untuk memainkannya. eFootball PES sendiri sudah memiliki seri-seri terbaru tiap tahunnya. Begitu pula FIFA game asal Amerika tersebut juga menerbitkan berbagai macam seri tiap tahunnya. Masing-masing developer game selalu melakukan update terkini masalah transfer pemain, wajah, gaya rambut, selebrasi, stadion hingga jersey terbaru tim maupun negara di berbagai belahan dunia.