NEWS UPDATE

Wajib Tahu! Contoh Surat Izin Sekolah Yang Benar!

Contoh-Surat-Izin-Sekolah

Kami ingin memberikan anda beberapa contoh surat izin sekolah yang bisa anda contoh ketika perlu meninggalkan pelajaran.  Ayo pelajari dan pahami disini!

Contoh surat izin sekolah berikut ini bisa anda buat ketika anda atau mungkin anak anda tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Surat izin ini fungsinya untuk memberitahukan pihak sekolah atau dalam hal ini guru yang bersangkutan agar dalam absensi nantinya jelas alasan kenapa murid tidak hadir atau meninggalkan pelajaran hari tersebut.

Sebetulnya, di era modern seperti sekarang ini, banyak sekolah yang lebih praktis dalam menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan izin. Para guru atau wali kelas biasanya akan membuat 1 grup wa, yang selain berfungsi sebagai tempat penyampaian pengumuman, juga bisa digunakan untuk para wali murid untuk meminta izin meninggalkan pelajaran untuk anak-anak mereka. Namun masih ada juga beberapa sekolah ataupun guru dan wali kelas yang masih menerapkan kebijakan lama yaitu wali murid harus membuat surat izin bagi anaknya yang tidak dapat mengikuti pelajaran pada hari itu. 

Surat izin ini bisa berlaku 1 hari penuh, setengah hari atau bisa juga sesuai kebutuhan. Surat izin biasanya dibuat bukan oleh yang bersangkutan, namun dibuat oleh orang tua atau wali murid dari anak yang tidak masuk tersebut. Sebelum masuk ke contohnya, disini akan saya bagi menjadi 2 jenis izin ketika anda atau anak anda tidak masuk sekolah, yaitu : 

  1. Izin ketika anda atau anak anda sakit

Ketika anda atau anak anda sakit dan perlu istirahat di rumah atau mungkin opname di rumah sakit, tentu perlu memberitahukan guru melalui 

  1. Izin ketika anda atau anak anda ada keperluan lain

Keperluan lain ini bermacam-macam, contohnya : ketika anda ada acara keluarga yang mengharuskan semua anggota keluarga berkumpul.

2 Contoh Surat Izin Sekolah Yang Bisa Anda Jadikan Acuan

  1. Surat izin ketika sakit

Berikut ini contoh surat izin sekolah ketika sakit

Jakarta, 30 Mei 2024

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3A

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya, Wida, selaku orang tua/wali murid dari anak yang bernama Kenzie, dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini, anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sedang sakit demam. 

Untuk itu saya mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru supaya anak saya tersebut dapat beristirahat di rumah sampai keadaannya membaik dan siap untuk masuk sekolah lagi. 

Demikian surat permohonan izin ini saya buat, atas izin yang diberikan, saya sampaikan terima kasih

Hormat saya,

Wida

  1. Surat izin ketika ada keperluan lain

Berikut contoh surat izin sekolah ketika ada keperluan lain. 

Jakarta, 30 Mei 2024

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3A

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya, Wida, selaku orang tua/wali murid dari anak yang bernama Kenzie, dengan ini memberitahukan bahwa pada hari ini, anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan ada acara keluarga besar yang harus dihadiri semua anggota keluarga.

Untuk itu saya mohon pengertian kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin kepada anak saya tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas pengertian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan banyak terima kasih. 

Hormat saya,

Wida

Kesimpulan

Itu tadi contoh surat izin sekolah yang dapat anda jadikan referensi ketika anda membutuhkan. Surat izin sebaiknya digunakan dengan jujur dan bukan dijadikan alasan untuk membolos sekolah. Jadi, gunakan sebaik mungkin saat benar-benar memerlukan izin meninggalkan sekolah ya.