NEWS UPDATE

Universitas Pertahanan: Universitas Keamanan Indonesia

Mengenal salah satu universitas pertahanan memberikan gelar sarjana S1 sekaligus memberikan pangkat jabatan perwira untuk lulusanya. Lulusan ini akan disebarkan di komponen TNI.

Universitas Pertahanan ini merupakan universitas yang dikelola dan diperhatikan oleh dua kementerian yaitu, Kementerian Pertahan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Universitas ini menghasilkan lulusan yang berfokus pada pertahanan.

Selain daripada itu, Universitas Pertahanan juga memfokuskan pada keamanan Republik Indonesia tanpa membedakan lulusan universitas ini dengan universitas lainnya. Universitas ini memiliki beberapa fakultas dan prodi yang sama dengan universitas lainnya,namun yang membedakan lulusan universitas ini adalah mendapatkan gelar perwira.

Lulusan yang mendapatkan pangkat perwira ini akan membantu dan menunjang sistem kerja yang berada di Kementerian Pertahanan dan TNI. Lulusan ini memiliki gelar sarjana yang berbeda beda tergantung dengan fakultas apa yang mereka ambil. Seperti lulusan kedokteran Universitas Pertahanan ini yang dimana nanti akan membantu dalam menangani kesehatan di rumah sakit TNI. Dengan adanya lulusan lulusan ini membuat Kementerian Pertahanan dan TNI menjadi lebih lancar dalam menjalan kinerja kerja mereka.

Fasilitas Fasilitas Universitas Pertahanan

Adapun beberapa fasilitas yang membantu para mahasiswa dalam menjalankan pendidikan selama mereka berada di universitas ini antara lain:

1.Laboratorium Penelitian Universitas Pertahanan

Salah satu fasilitas yang menarik dari Universitas ini adalah laboratorium penelitian yang mendukung inovasi dan kreatifitas mahasiswa Universitas Pertahanan. Laboratorium ini diberi nama Laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) UNHAN. Laboratorium ini berisi berbagai macam alat modern dalam mengembangkan berbagai sektor di universitas ini dalam menunjang sistem pertahanan dan keamanan di Indonesia.

2.Pusat Simulasi Militer Universitas Pertahanan

Pusat simulasi militer ini merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting di universitas ini, fasilitas inilah yang membedakan universitas ini dengan yang lainnya, selain itu fasilitas ini diberikan kepada mahasiswanya agar bisa menghadapi dan mengatur strategi khusus di setiap medan dan keadaan tertentu. Simulasi ini diberikan kepada mahasiswanya untuk menangani berbagai macam operasi baik di darat, laut bahkan udara selain itu, mahasiswa ini diberikan teknik untuk menghadapi konflik atau kondisi kritis,dengan pembekalan dan simulasi ini membuat lulusanya bisa perwira yang menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia sekaligus mendapatkan gelar sarjananya.

3.Laboratorium Teknologi Militer 

Selain dari memiliki laboratorium pusat litbang, Universitas Pertahanan juga memiliki laboratorium khusus dalam mengembangkan dan meneliti tentang alutsista mereka. Fasilitas yang modern dan canggih membuat mahasiswanya bisa meneliti dan mengembang senjata dan alutsista yang nantinya sangat berguna dalam pertahanan. Selain dari mengembangkan alutsista ini, labotarium ini sangat berguna dalam menguji coba secara lansung alutsista tersebut. dengan ada nya labotarium ini bisa menunjang alutsista indonesia dalam menjaga pertahanan NKRI.

4.Asrama dan Fasilitas yang Menunjang

Salah satu kelebihan dari universitas ini adalah, mahasiswa nya tidak dipungut biaya sama sekali dalam menempuh pendidikan di universitas ini. Sehingga mahasiswanya bisa fokus dalam menempuh pendidikan masa depan mereka. Dengan adanya fasilitas yang mendukung seperti asrama dengan fasilitas yang mencukupi mereka baik seragam bahkan penunjang belajar mereka disediakan oleh pemerintah. Dan dengan ini lah membuat universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik dengan fasilitas dan biaya pendidikan yang gratis di indonesia.

Kesimpulan

Dengan adanya Universitas Pertahanan ini membuat banyak anak muda yang bersemangat untuk menempuh pendidikan sarjana sekaligus mendapat gelar perwira. Universitas Pertahanan ini memberikan semangat dan bentuk kepedulian kepada masa depan Indonesia.