NEWS UPDATE

6 Jenis Beasiswa Kuliah paling Diminati Para Mahasiswa

jenis-beasiswa-kuliah

Meskipun tidak selalu menjamin kesuksesan seseorang di masa depan, namun lulusan perguran tinggi menjanjikan pekerjaan yang lebih baik. Tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal, karena terdapat beberapa jenis beasiswa kuliah yang dapat dimanfaatkan untuk menempuhnya.

Banyak jenis beasiswa di Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi untuk meraih impian.

6 Jenis Beasiswa Kuliah paling Populer

Ketika ingin mendapatkan beasiswa untuk kuliah trik yang pertama adalah rajin mencari informasi di internet. Karena biasanya menjelang tahun ajaran baru, banyak lembaga dan organisasi yang membuka pendaftaran beasiswa. 

Beberapa jenis beasiswa kuliah yang palin gpopuler di kalangan mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA merupakan yang paling populer dikalangan para mahasiswa karena banyaknya keuntungan yan gakan didapatkan. Tidak hanya untuk berkuliah di perguruan tingi negeri aja, perguruan tinggi swasta juga dapat memperoleh beasiswa dengan syarat berprestasi.

Semua mahasiswa yang lolos akan mendapatkan beasiswa penuh dalam rentang waktu normal, yakni 8 semester. Sayangnya, untuk mendapatkan beasiswa ini membutuhkan effort yang cukup keras karena preses seleksinya sangat ketat.

  1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa yang dapat diandalkan untuk meringankan beban berikutnya adlaah beasiswa KIP kuliah untuk masuk ke universitas. Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini adalah salah satu program beasiswa dari pemerintah.

Tujuan dari adanya program ini adalah untuk membantu banyak warga negara Indonesia yang kurang mampu. Semua biaya yang dibutuhkan di bangku perkuliahan dibayar oleh pemerintah selama 8 semester penuh.

  1. Beasiswa Bidikmisi

Jenis beasiswa kuliah selanjutnya yang tidak kalah diminati adlaah bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu. Namun, harus mempunyai potensi akademik yan glayak untuk mendapatkan bantuan pembiayaan kuliah sampai lulus sesuai ketentuan.

Biasanya beasiswa ini diberikan sejak awal mahasiswa tersebut di terima si sebuah perguruan tinggi. Beasiswa diberikan sesuai dengan jenjang kuliah yang diinginkan, mulai dari D1 smpai dengan S1 untuk berbagai jurusan.

  1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan beasiswa yang satu ini, karena memang tidak semua mudah mendapatkan aksesnya. Program ini dibiayai oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti agar para mahasiswa dapat mendapatkan pendidikan yang diinginkan.

Apabila ingin mencoba mendapatkan beasiswa PPA ini, syarat utamanya adalah menjadi mahasiswa PTN/PTS di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Syarat selanjutnya adalah sudah di semester 2 atau maksimal semester 1V bagi program diploma.

  1. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa kali ini khusus untuk pelajar dan mahasiswa dalam negeri saja dan harus dibuktikan dengan KTP, KK dan berkas lainnya. Biaya yang diberikan kepada mahasiswa cukup besar, mulai dari pendidikan menengah sampai dengan kuliah. 

Hampir semua biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ditanggung oleh perusahaan. Sehingga tugas utama penerima beasiswa hanya belajar dengan tekun dan mempertahankan prestasinya dengan baik.

  1. Djarum Beasiswa Plus

Kali ini adalah beasiswa yang sangat terkenal dan menjadi impian banyak mahasiswa berprestasi tinggi. Besaran biaya yang didapatkan para beswan Djarum ini mencapai kisaran 750.000 setiap bulannya. Lumayan meringankan beban orangtua mengenai biaya kuliah.

Selain itu juga mendapatkan banyak pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan soft skill pada mahasiswa sebagai bekal di dunia kerja. Karena biasanya daat bekerja sungguhan, tidak hanya membutuhkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah saja.

Beberapa jenis beasiswa kuliah tersebut sudah terbukti mampu mengantarkan banyak orang meraih kesuksesan. Meskipun kekurangan biaya, bukan berarti tidak ada jalan untuk meraih gelar sarjana dengan kemampuan akademik yang ada.