TUTORIAL

Simak 6 Cara Tembus LPDP yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

Cara-Tembus-LPDP

cara tembus lpdp merupakan solusi jitu bagi yang ingin melanjutkan kuliah baik di dalam maupun di luar negeri dengan biaya yang hemat.

Melanjutkan kuliah adalah impian banyak pelajar setelah lulus sekolah menengah sesuai dengan minatnya. Sayangnya, banyak pelajar yang terpaksa mengubur impiannya karena masalah kekurangan biaya. Padahal ada cara tembus LPDP yang dapat menjadi solusi untuk mengatasinya.

Beasiswa ini merupakan salah satu bantuan dari pemerintah melalui Menteri Keuangan untuk warga negara Indonesia. Tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri saja melainkan juga untuk studi di luar negeri.

6 Cara Tembus LPDP dengan Lancar

Beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan atau lebih terkenal dengan singkatannya LPDP ini menjadi incaran pelajar dari seluruh daerah. Beasiswa untuk jenjang pendidikan S2 ini baru saja dibuka periode 2024.

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa ini sehingga tingkat persaingan cukup tinggi. Beberapa cara tembus LPDP yang proses seleksinya sangat ketat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi Formulir

Langkah pertama untuk mendapatkan kesempatan memperoleh beasiswa ini adalah dengan mengunjungi situs web resminya. Bagi yang belum tahu, dapat mengunjunginya melalui alamat situs berikut, https://beasiswa lpdp.kemenkeu.go.id.

Setelah berhasil masuk ke halaman web tersebut lanjutkan proses dengan melakukan pendaftaran. Pada proses ini selain melakukan pendaftaran, juga harus melakukan pengisian formulir dengan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk kebutuhan administrasi.

  1. Memiliki Rencana Studi yang Jelas

Setelah melakukan pendaftaran, tes selanjutnya adalah harus mempunyai rencana studi yang detail dan jelas. Karena biasanya pihak penyelenggara akan memperhatikan dengan cermat mengenai rencana studi calon mahasiswa.

Hal ini bertujuan agar dapat mengetahui bahwa penerima tersebut dapat melaksanakan studi dengan benar dan terarah. Pada bagian ini sebaiknya dituliskan dengan detail mengenai program studi yang diminati dan riset yang hendak dikerjakan.

Ceritakan juga mengenai bagaimana cara studi tersebut dapat membantu memberikan dukungan terhadap karir. Perencanaan yang fokus dan terarah dengan sempurna membuat pemberi beasiswa dapat melihat niat dan kesungguhan.

  1. Tentukan Kampus dan Jurusan yang Diinginkan

Trik kali ini tidak kalah penting dibandingkan dengan trik yang lainnya, yaitu menentukan kampus dan jurusan tujuan. Bagian memilih kampus ini dapat mempunyai minimal 3 kampus supaya tersedia rencana cadangan jika kampus utama gagal.

  1. Memahami Karakteristik Beasiswa LPDP

LPDP sudah terkenal sebagai penyelenggara beasiswa yang sangat ketat dalam menyeleksi calon penerimanya. Tidak hanya dinilai dari kesediaannya saja, melainkan juga jiwa nasionalisme yang dimiliki oleh para calon penerima beasiswa.

Selain membaca referensi dari berbagai sumber, baik tertulis secara fisik atau internet dapat meminta saran dari alumni beasiswa ini. Selain itu juga dapat bertanya kepada mahasiswa yang sudah berhasil tahun sebelumnya agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

  1. Mencuri Perhatian Pemberi Beasiswa

Agar dapat mencuri perhatian penyelenggara beasiswa, pastikan sudah membuat rencana studi yang senada dengan visi LPDP.  Cara tembus LPDP yang satu ini sangat jitu dalam menarik perhatian pihak penyelenggara.

Ketika pihak penyelenggara tertarik dengan apa yang diberikan, maka dipastikan akan mempertimbangkannya. Selain rencana studi tersebut, tunjukkan juga berbagai macam prestasi yang pernah didapatkan baik akademik maupun yang non akademik.

  1. Cermati Semua Detail

Sebelum memberikan kepada pihak pemberi beasiswa, pastikan sudah memperhatikan semua detailnya dengan baik. Tunjukkan semua sisi terbaik yang membuat pihak penyelenggara akan berpikir bahwa penerima memang layak untuk mendapatkan beasiswa ini.

Jangan sampai ada yang terlewat meskipun detail yang sangat kecil, namun memiliki potensi besar menarik minat penyelenggara. Sehingga, beasiswa yang menjadi salah satu impian tersebut dapat diperoleh sesuai harapan.

Mengingat banyaknya pesaing yang datang dari seluruh penjuru Indonesia, pastinya persaingan akan sangat ketat. Beberapa cara tembus LPDP diatas dapat menjadi panduan agar mencuri perhatian dari pihak penyelenggara.