NEWS UPDATE

Pahami! Cara Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Kurikulum-Merdeka

Memanfaatkan kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan kebebasan bagi pendidik atau guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Kurikulum Merdeka merupakan pengembangan pembelajaran intrakurikuler yang memiliki tujuan untuk menciptakan Pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas. Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran intrakurikuler yang akan memberikan konten yang lebih beragam. Dengan Kurikulum Merdeka diharapkan peserta didik akan memiliki waktu yang cukup untuk memahami konsep dan menguatkan kompetensi.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan pada guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan, lingkungan, dan kondisi peserta didik. Dalam Kurikulum Merdeka, guru diberikan kebebasan untuk menggunakan perangkat pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, dan minat dari peserta didiknya. Perangkat pembelajaran pada  Kurikulum Merdeka memiliki model yang berbeda-beda pada setiap fase dan mata pelajaran. Saat ini, perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP dapat Anda unduh di Aplikasi Merdeka Mengajar dengan mudah.  Berikut adalah cara mengunduh perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka jenjang SMP di Aplikasi Merdeka Mengajar di handphone Anda:

Cara Mudah Download Perangkat Pembelajaran Kurikulum

1.  Cara Download Perangkat Pembelajaran

Anda dapat mencari perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SMP di aplikasi Merdeka Mengajar dengan mudah. Berikut adalah

1) Pertama-tama, unduh aplikasi Merdeka Mengajar di PlayStore atau AppStore di Handphone Anda. Pastikan Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup di handphone Anda.

2) Setelah aplikasi sudah terinstal di handphone Anda, buka aplikas Merdeka Mengajar tersebut. Klik “Perangkat Ajar”.

3) Setelah itu Anda akan masuk di halaman “Ingin Cari Apa?”. Pilih jenis perangkat pembelajaran apa yang ingin Anda cari, Anda bisa memilih Modul dan Bahan Ajar, Buku, ataupun Modul Projek. Setelah itu pilih Fase yang ingin Anda cari. Untuk jenjang SMP, Anda bisa memilih Fase D untuk mendapatkan perangkat pembelajaran Kelas 7 sampai 9.

4) Setelah itu, pilih mata pelajaran perangkat pembelajaran yang Anda inginkan pada kolom “Mata Pelajaran”.

5) Setelah semua kolom Anda isi, klik “Cari Perangkat Ajar”. Tunggu sampai proses loading selesai.

6) Setelah proses loading selesai, Perangkat Ajar akan ditampilkan pada layar handphone Anda. Download perangkat ajar tersebut untuk menyimpannya di handphone Anda.

2.  Cara Download Perangkat Ajar Spesifik

Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat mengunduh perangkat pembelajaran yang lebih spesifik di aplikasi Merdeka Mengajar. Berikut adalah cara download perangkat pembelajaran  Kurikulum Merdeka Jenjang SMP dengan spesifik di aplikasi Merdeka Mengajar:

1) Unduh aplikasi Merdeka Mengajar di PlayStore atau AppStore. Pastikan Anda memiliki kapasitas penyimpanan handphone yang cukup.

2) Setelah aplikasi berhasil terunduh, buka aplikasi tersebut kemudian klik “Perangkat Ajar”.

3) Pada kolom “Ingin Cari Apa?”, klik perangkat pembelajaran yang ingin Anda pilih. Anda bisa memilih Modul dan Bahan Ajar, Buku, atau Modul Projek.

4) Kemudian pilih Fase perangkat pembelajaran yang ingin Anda cari. Untuk jenjang SMP, pilih Fase D.

5) Pilih mata pelajaran dari perangkat pembelajaran yang ingin Anda cari.

6) Setelah itu, klik “+Cari Materi Spesifik”.

7) Masukkan kata kunci dari perangkat pembelajaran yang ingin Anda cari. Anda bisa memasukkan kata kunci materi dari perangkat pembelajaran yang Anda inginkan.

8) Perangkat pembelajaran akan muncul. Klik “Download” untuk menyimpan perangkat pembelajaran yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka di Indonesia, para pendidik perlu menyesuaikan metode pembelajaran, materi, bahkan perangkat pembelajaran yang sesuai. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka jenjang SMP, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di aplikasi Merdeka Mengajar di Handphone Anda. Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan fitur “+Cari Materi Spesifik” di aplikasi Merdeka Mengajar di handphone Anda.