Universitas Dr. Soetomo

Biologi Mempelajari Tentang Organisme dan Kehidupan

Biologi-Mempelajari-Tentang

Dalam dunia sains, biologi mempelajari tentang organisme dan kehidupan makhluk hidup. Namun, seberapa pentingnya belajar matkul tersebut?

Biologi mempelajari tentang kehidupan organisme dan makhluk hidup. Cabang ilmu pengetahuan ini memungkinkan untuk mempelajari terkait evolusi kehidupan yang memiliki peranan penting dalam ekosistem.

Sejarah Terkait Ilmu Biologi

Sejarah biologi ini berawal dari zaman kuno saat para filsuf dan Ilmuwan berupaya analisis sebenarnya biologi mempelajari tentang apa dan berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan. Aristoteles, contohnya ia ini orang yang dapat klasifikasikan organisme.

Kendati demikian, para ahli biologi baru mulai mengetahui biologi mempelajari tentang apa, pada abad ke 17 melalui mikroskop. Ilmuwan waktu itu melihat adanya struktur sel dan mikroorganisme.

Dengan adanya teknologi yang kian berkembang besar, seorang penemu sel yakni Theodor Schwann dan Matthias Schleiden pada abad ke 18, penemu hukum pewaris genetik yakni Gregor Mendel, dan Charles Darwin sebagai bapak teori evolusi ini membuat biologi makin dipelajari.

Cabang-Cabang Biologi

Namun, tau gak sih kalau Biologi itu memiliki banyak cabang yang bisa memiliki fokus pada aspek tertentu dalam kehidupan. Beberapa cabang biologis tersebut diantaranya:

  1. Biologi Molekuler

Ilmu biologi ini berisikan tentang struktur dan fungsi molekul biologis, seperti DNA, RNA, dan protein. Hal ini berperan penting dalam memahami biologi mempelajari tentang genetik.

2.Genetika

Memiliki berbagai genetik pada organisme, ini berarti berperan penting untuk mengetahui juga DNA yang ada dalam diri manusia dan hewan.Pentingnya juga dalam mempelajari perkara ini.

3.Ekologi

Adanya interaksi yang terjalin antara organisme dan lingkungan. Membuat ilmu ekologi ini dapat memberikan pengetahuan terkait adanya keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan.

  1. Zoologi

Ilmu ini lebih terfokus pada pembelajaran mengenai hewan, anatomi, fisiologi, dan evolusi. Zoologi ini dapat membantu memahami antara peran hewan dan ekosistem lingkungan.

5.Botani

Siapa yang gak tau tentang Botani. ilmu biologi satu ini dapat membuat siapapun dapat belajar tentang struktur, fungsi, dan peran terhadap lingkungan. Botani sangat berperan penting terkait pertanian dan sumber daya alam.

  1. Mikrobiologi

Mikroorganisme seperti bakteri,virus, dan jamur dapat dipelajari dalam ilmu mikrobiologi. Ilmu ini memiliki banyak kegunaan dalam kesehatan, industri, dan lingkungan.

7.Biologi Evolusi

Proses evolusi bakal terjadi berjalannya waktu. Biologi ini dapat memudahkan untuk belajar terkait keanekaragaman hayati.

Pentingnya Biologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dampak yang dirasakan dari biologi bisa berguna juga dalam kehidupan sehari – hari. Apa saja sih sebenarnya dampaknya?.

1.Kedokteran

Terdapat pemahaman terkait pentingnya sel dan genetik dalam pengobatan. Seperti, untuk mengetahui riwayat penyakit tertentu dan dalam penelitian biomedis sendiri dapat menemukan ramuan seperti vaksin dan pengobatan baru berguna untuk manusia dan hewan.

  1. Pertanian

Dalam pertanian, ilmu biologi harusnya bisa diterapkan, seperti penggunaan untuk meningkatkan hasil panen. Dalam pengembangan varietas tanaman yang tahan akan hama dan memahami terjadinya siklus mikroorganisme dalam bertahan hidup.

3.Lingkungan

Wawasan terhadap lingkungan ini berarti selain melestarikan. Tak lepas dari menjaga keseimbangan. Para peneliti ekolog bisa membantu dalam konservasi dan pengelolaan sumberdaya alam.

4.Teknologi dan Bioteknologi

Kemajuan terhadap biologi dan genetika ini membuat berkembangnya teknologi seperti rekayasa genetika. Bahkan, dalam dunia pertanian, kedokteran, dan industri juga dapat terbantukan.

5.Pendidikan dan Kesadaran Lingkungan

Dalam studi biologi, pentingnya menjaga lingkungan dan terlanjutnya sumber daya alam yang meningkat. Hal ini berarti pentingnya juga sadar akan lingkungan dan tidak mencemari.

Tantangan di Bidang Biologi

Tercapainya kemajuan dalam bidang biologi, juga pastinya akan dihadapkan pada berbagai tantangan. Misalnya, perubahan iklim, kerusakan habitat baik disengaja atau tidak, berkurangnya keanekaragaman hayati.

Seperti diketahui, sempat Indonesia terkena pandemi global. Berarti akan berkurangnya populasi manusia, meski setiap tahunnya terjadi peningkatan.

Kesimpulan

Biologi mempelajari tentang organisme dan kehidupan didunia. Ilmu ini berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Manusia sudah harusnya mempelajari ilmu ini demi berlangsung dan terjaganya bumi serta dapat meningkatkan kesejahteraan.

Exit mobile version