NEWS UPDATE

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar

Kurikulum-Merdeka-Sekolah-Dasar

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sekolah dasar merupakan pembelajaran yang holistik dengan memberikan kebebasan kepada guru.

Sebelum kita masuk ke perangkat pembelajaran pembelajaran Kurikulum  Merdeka SD, yuk mari kita simak apa sih itu Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar. Perangkat pembelajaran sekolah dasar merupakan seperangkat alat, bahan dan media yang dibutuhkan dan digunakan oleh guru untuk mendukung prosesnya belajar mengajar di sekolah.

Perangkat Pembelajaran Sekolah Dasar (Komponen)

Berikut ada beberapa komponen yang berdasarkan perangkat pembelajaran sekolah dasar, sebagai berikut:

  1. Silabus

Yang merupakan sebuah rencana untuk pembelajaran dari satu semester atau dalam satu tahun ajaran, tujuannya untuk pembelajaran, materi, metode, media dan evaluasi.

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Merupakan sebuah langkah – langkah untuk melaksanakan pembelajaran di kelas setiap pertemuannya, tujuannya untuk materi, metode, media, kegiatan pembelajaran dan evaluasi.

  1. Buku Teks dan Bahan Ajar

Buku yang digunakan untuk utamanya belajar bagi siswa siswi, bahan pembelajaran bisa berupa modul, lembar kerja dan bahan cetak.

  1. Media Pembelajaran

Merupakan alat bantu media pembelajaran yaitu dalam bentuk video ataupun audio yang dapat mempermudah dalam pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Medianya yaitu sebuah gambar, video, presentasi atau bisa dalam alat peraga (Story Telling dalam bentuk video ataupun poster).

  1. Lembar Kerja (LKS)

Merupakan sebuah lembaran tugas yang akan di berikan kepada siswa untuk dikerjakan sebagai latihan dan tugas rumah , hasil tugas tersebut bisa dijadikan nilai nantinya.

  1. Alat Peraga

Merupakan sebuah alat dan objek yang digunakan untuk membantu menjelaskan sebuah materi pembelajaran seperti modelnya, poster ataupun bahan untuk medianya.

  1. Penilaian dan Evaluasi

Merupakan sebuah alat  dan metode yang digunakan untuk nilai siswa yaitu tes (ulangan), kuis dan juga observasi.

  1. Program Tahunan dan Program Semester

Yang merupakan sebuah rencana untuk setiap satu tahun ajaran, sedangkan yang program semester merupakan rencana pembelajaran untuk setiap satu semester. Dalam du program tersebut sangat penting dalam sekolah karena nilai mereka akan menjadi sebuah target.

  1. Buku Panduan Guru

Yang berisi sebuah strategi untuk melaksanakan pembelajaran di kurikulum yang berlaku (Kurikulum Merdeka).

  1. Jurnal Pembelajaran

Jurnal yang biasanya digunakan guru untuk mendapatkan apa saja yang selama satu semester ini di lakukan seperti proses, kendalanya ataupun pembelajaran secara berlangsung.

  1. Modul Pembelajaran

Yang merupakan sebuah bahan ajar berdasarkan kurikulum yang digunakan untuk siswa dan guru.

Perangkat pembelajaran yang disusun untuk prosesnya pembelajaran setiap semester agar tercapai targetnya sekolah, selain itu perangkat pembelajaran juga dapat disesuaikan dengan siswa siswi yaitu teknologi pembelajaran seperti Laboratorium Komputer atau ruang komputer.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar

Nah, karena kita sudah mencari tau apa sih itu perangkat pembelajaran sekolah dasar, sekarang kita akan membahas dan menyimak tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar.

Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar atau juga bisa Kurikulum Merdeka merupakan proses pengembangan siswa secara holistik dengan memberikan sebuah kebebasan. Ada beberapa perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah dasar, sebagai berikut:

  1. Capaian Pembelajaran

Yang merupakan sebuah kompetensi inti dan dasar dalam kurikulum sebelumnya.

  1. Alur Tujuan Pembelajaran

Merupakan tujuan pembelajaran yang akan disusun secara sistematis untuk membantu para guru dalam merencanakan sebuah pembelajaran yang sudah terarah.

  1. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Projek yang di rancang untuk mengembangakn profil pembelajaran pancasila seperti bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhineka Tunggal Ika, bergotong royong , mandiri, berpikir kritis dan juga kreatif.

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Yang disusun untuk pembelajaran dengan konteks dan kebutuhan siswa, RPP kurikulum merdeka sangatlah mudah dan hanya fokus pada esensi pembelajaran.

  1. Buku Teks dan Buku Ajar

Buku dan bahan ajar sudah di sesuaikan dengan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka, karena kurikulum ini memberikan kebebasan kepada para siswa yang sudah disesuaikan setiap tingkat kelasnya.

  1. Lembar Kerja Siswa (LKS)

Lembar kerja siswa dibuat untuk para siswa agar siswa tidak hanya fokus pada pembelajaran mandiri tetapi juga fokus pada tugas yang sudah dirancang oleh para guru.

  1. Media dan Sumber Belajar

Media pembelajaran yang beragam seperti digital, yang mendukung setiap pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

  1. Penilaian dan Evaluasi

Penilaian yang holistik termasuk penilaian tugas projek difokuskan pada penilaian proses dan hasil belajar siswa.

  1. Modul Ajar

Modul ajar yang mempunyai strategi dan metode pembelajaran yang inovatif untuk membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna.

  1. Buku Panduan Guru

Buku panduan ini sangat diperlukan oleh para guru, karena buku panduan ini mempunyai rencana yang sudah matang dan cocok untuk inspirasi para guru.

  1. Jurnal Reflektif

Jurnal ini digunakan untuk para guru untuk mencatat prosesnya hasil pembelajaran selama semester.

  1. Rencana Projek Pembelajaran

Proyek pembelajaran yang sudah direncanakan dalam profil pelajar pancasila untuk para siswa dalam pengalaman pembelajaran nantinya.

Kesimpulan

Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar dalam bentuk belajar mandiri dan kebebasan untuk para siswa dan guru, yang sudah disusun dan direncanakan untuk mengelola pembelajaran sesuai kebutuhan siswa siswi nantinya.