NEWS UPDATE

Buat Pembelajaran Menyenangkan Lewat PMM Merdeka Belajar

pmm-merdeka-belajar

Keberadaan pmm merdeka belajar mempunyai dampak positif di tengah era pendidikan saat ini bagi siswa maupun tenaga pendidik.

Merdeka Belajar kembali mengusung program pendidikan yang memberikan banyak dampak positif, baik bagi siswa maupun pengajarnya, yakni dengan adanya PMM Merdeka Belajar yang mampu mengedukasi para pendidik dan siswa dengan banyak fitur menarik didalamnya.

PMM sendiri adalah singkatan dari sebuah platform edukasi bernama Platform Merdeka Mengajar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh instansi pendidikan, sebagai sebuah sarana pembelajaran yang menarik. Platform Merdeka Mengajar sendiri memiliki berbagai fitur menarik untuk dapat mewujudkan pelajar pancasila.

Para pendidik bisa menggunakan PMM Merdeka Belajar dengan login melalui akun belajar.id dan bisa langsung merasakan banyak manfaat yang dapat digunakan baik bagi guru dan siswanya.

Manfaat Adanya PMM Merdeka Belajar

Berikut ini merupakan manfaat dari aplikasi edukasi PMM Merdeka Belajar yang memiliki dampak positif bagi sistem pembelajaran di Indonesia.

  1. Menginspirasi Tenaga Pendidik

Manfaat yang bisa dirasakan dari PMM Merdeka Belajar adalah dapat menambah inspirasi pengajar dalam mengajar. Memang, tugas seorang guru dasarnya adalah mengajar dan memberikan pembelajaran yang baik dan menyenangkan bagi para siswanya.

Namun, dengan kehadiran PMM sendiri ini, akan membuat para guru memperoleh banyak inspirasi sebagai seorang inspirator mengajar. Isi yang terdapat dalam platform PMM sendiri mempunyai bagian-bagian yang sangat menarik.

Salah satunya dengan fitur bagi karya di dalam PMM Merdeka Belajar. Dimana fitur ini akan membuat para tenaga pengajar di seluruh nusantara bisa memberikan banyak pengalaman dalam pembelajaran yang sukses. Dari membaca pengalaman yang dibagikan nantinya akan menjadi salah satu tujuan agar dapat meniru dan memodifikasinya.

  1. Peningkatan Kompetensi Guru

Sama seperti siswa seorang guru pun wajib untuk selalu belajar dan meningkatkan kompetensi yang nantinya para guru dapat memberikan banyak pelajaran yang mengesankan bagi para siswanya.

Platform PMM Merdeka Belajar mempunyai berbagai pelatihan yang nantinya akan diikuti oleh para tenaga pendidik. Penggunaan PMM ini bisa dilakukan secara mandiri dan dimana saja dengan hanya memerlukan koneksi internet yang terjamin stabil.

  1. Mempunyai Banyak Ide Pengajaran

Pembelajaran yang ada di kelas harus bersifat variatif. Hal ini akan membuat suasana dalam pengajaran yang dapat dirasakan siswa jauh lebih menyenangkan dan tidak terkesan membosankan. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu, menyajikan suasana di kelas yang terus berbeda beberapa hari sebelumnya.

Guru bisa dengan mudah memperoleh berbagai macam ide kegiatan melalui PMM Merdeka Belajar. Salah satu ide menarik yang bisa dilakukan dalam platform PMM ini adalah mengajak seluruh siswa untuk membaca koran dan mencari berbagai macam implementasi pada penerapan pancasila.

  1. Kemudahan Mengajar

Manfaat keberadaan PMM Merdeka Belajar selanjutnya adalah bisa digunakan para guru untuk mudah mengajar dengan menyesuaikan assessment para siswa maupun analisis dari diagnostik literasi. Bahkan PMM ini juga bisa disesuaikan dengan capaian pada perkembangan peserta didik untuk dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih maksimal.

  1. Konsep Profil Pelajar Pancasila

Hal yang membedakan rpp kurikulum dengan merdeka belajar adalah adanya kemunculan konsep atau juga prinsip dari profil pelajar pancasila. Profil Pelajar Pancasila ini tidak didapatkan di kurikulum sebelumnya.

Pada kurikulum sebelumnya karakter hanya dimasukkan di bagian rpp tapi tidak terlihat nyata secara aksi. Hal ini yang menjadi pembeda dari platform PMM Merdeka Belajar yang memunculkan profil pelajar pancasila dengan memunculkan karakter pembelajaran serta aksinya.

Kesimpulan

Nah, itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari keberadaan PMM Merdeka Belajar, dimana baik para siswa maupun tenaga pendidik ini bisa mendapatkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang diharapkan dan menjadi lebih maksimal. PMM Merdeka Belajar ini menjadi salah satu platform yang dapat digunakan para tenaga pengajar untuk mendapatkan ide-ide terbaik agar membuat pembelajaran di kelas jauh lebih menyenangkan.